Kamis, 05 Desember 2019

Kisi kisi PAI Kls 4 A - 4 F Jum'at 6 November 2019

MATERI PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           :SD AL AZHAR 1

Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti

Kelas/Semester          : IV A - IV F / 1

Materi Pokok :           : Kisah teladan Nabi Harun as.

Alokasi Waktu           : 1 x 4 Jam Pelajaran

Pertemuan                 : Ke 16

Dari hari                    : JUM'AT 6 Nopember  2019



 Kisi Kisi

B.Kisah Teladan Nabi Harun as.

            Nabi Harun as. adalah salah seorang nabi yang di minta oleh nabi Musa kepada Allah untuk membantu mengembangkan ajaran Agama Allah.Beliau diangkat menjadi Nabi pada tahun 1450 sm.Beliau di tugaskan berdakwah kepada Raja Fira’un dan bani Israil di Mesir.Namanya di sebut 19 kali ddalam al qur’an. Dan wafat di tanah Tih. Beliau menikah dengan 2 orang wanita yang bernama  Elisheba dan Miriam.

            Nabi Harun adalah kakak kandung dari Nabi Musa.Beliau kakak satu ibu dengan nabi Musa. Nabi Harun dilahirkan 3 tahun sebelum Nabi Musa.Beliau selalu mengikuti nabi Musa dalam menyampaikan dakwah kepada fir’aun, Hamman,dan Qorun.Nabi Musa mengakui bahwa saudaranya fasih berbicara dan berdebat,seperti di ceritakan dalam al qur’an ,: Dan saudaraku Harun,dia lebih fasih liodahnya dari pada lidahku,maka utuslah dia bersamaku sebagai pembantuku untuk untuk membenarkan ( perkataan )ku,sesungguhnya aku kawatir mereka akan berdusta.”

            Selama di tinggal oleh Nabi Musa untuk bermunajad kepada Allah swt di Tur Sina,Nabi Harun di beri amanah untuk mengawasi dan memimpin penduduk bani Israil dari perbuatan mungkar,dan juga menyekutukan Allah dengan benda lain.Nabi Musa berkata kepada Nabi Harun “ Gantikanlah aku dalam ( memimpin )kaumku dan perbaikilah,jangan kamu mengikuti jalan orang yang melakukan kerusakan.”

            Selam di tinggalkan terdapat ujian terhadap bani Israil sebagian dari mereka menyekutukan Allah dengan menyembah patung anak lembu yng di buat oleh Samiri dari emas.Mereka menyembah patung lembu setelah terperdaya dengan tipu muslihat Samiri

Yang menjadikannya bisa bicara.Nabi Harun sudah mengingatkan bahwa perbuatan itu adalah dosa besar,namun segala nasehatnya tidak diperdulikan.

            Selama bermunajat 40 hari nabi Musa kembali kepada kaumnya dan sangat terkejut Nabi Musa marah kepada NABI Haru dan menarik rambut dan jengotnya.

Ahirnya Nabi Musa mendapatkan Samiri lalu berkata “ Pergilah kamu dari sini bersama pengikutmu”. Patung sapi itu yang menjadi tuhanmu akan aku bakar, kemudian aku akan hanyutkan kedalam laut. Kamu dan pengikutmu pasti akan mendapat azab.

            Nabi Harun hidup selama 122 tahun.Beliau wafat 11 bulan sebelum kematian nabi Musa di daerah Al Tih.



         

Mengetahui

Kepala SD Al Azhar 1





( HERMILIATI SP.d )

NIP .195511111978042002



B Lampung,      Nopember. 2019

Guru Mapel PAI & Budi Pekerti





( SRI HANDAYANI.SP.d )

NIP .197209032002072093

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar