Minggu, 16 Februari 2020

Bahan Ajar PAI Beriman kepada Nabi Dan Rasul Kls 4 D Senin 17 Pebruari 2020

Materi PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SD AL AZHAR 1
Mata Pelajaran : Akidah Ahlak
Kelas/Semester : IV D  / 2
Materi Pokok    :  Beriman Kepada Nabi dan Rosul Allah
Alokasi Waktu :   1 x 1 Jam Pelajaran
               Hari / Tanggal           : Senin /  17 Pebruari 2020
   Pertemuan ke     : 7

Bahan Ajar
Allah mengutus beberapa Rosul untuk menyampaikan risalahNya kepada umat manusia.Risalah itulah yang mengantarkan kita kepada ajaran agama yang benar. Allah memberikan amanah kepada Rosul untuk menyebarkan ajaran agama Islam di bumi ini.
Rasul adalah manusia yang di berikan oleh Allah karena ketakwaan dan keimanannya.Allah juga memberi mereka ujian yang berat untuk meningkatkan keimanan yang mereka miliki. Nabi dan Rosul yang kita ketahui ada 25,keistimewaan mereka berbeda-beda dan cobaan mereka juga berbeda-beda.
A.Meyakini Adanya Nabi Dan Rosul
Dalam kalimat syahadat,kesaksian pertama yang di lakukan seseorang adalah meyakini bahwa Allah itu esa. Kesaksian yang ke dua adalah keimanan terhadap kerosulan Muhammad Saw. Pengenalan terhadap Rosul Allah menentukan tingkat pemahaman,penghayatan dan pengamalan seseorang terhadap ikrar ke4islaman mereka.
B.Pengertian Nabi dan Rosul
Menurut etimologi, nabi berarti membawa berita.Menurut istilah nabi adalah seorang manusia yang di pilih oleh Allah dan di beri wahyu atau agama.
Menurutetimologi,rosul adalah seorang yang mengemban tugas atau petugas . Sedangkan menurut istilah Rasul Adalah seorang manusia yang di pilih oleh Allah dan di beri wahyu ( agama ),serta di beri tugas untuk menyampaikannya kepada umatnya.
Perbedaan Nabi dan Rasul adalah seorang nabi menerima wahyu dari Allah Swt,tetapi tidak membawa syariat baru. Nabi hanya melanjutkan syariat rosul dan nabi sebelumnya. Sedangkan rosul menerima wahyu dari Allah Swt ,guna di sampaikan kepada umatnya.   
           
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar