Nama : SRI HANDAYANI.SAg
NPM : 041625001P
KELAS : B
Mata
Kuliah : Teknologi Informasi
Pembelajaran
Dosen : Arizal Eka Putra,M.Pd.I
Tugas : RESUME Buku : Teknologi Pendidikan BAB
3 MENGAJAR.
MENGAJAR
Metode
Mengajar
Mengajar-belajar adalah kegiatan
guru dan murid untuk mencapai tujuan tertentu. Makin jelas
Tujuan makin
jelas bahan dan metode penyampaiannya. Namun kemampuan suatu metode baru nyata
dari hasil
penilaian. Maka dalam proses mengajar-belajar
unsur tujuan ,bahan,metode,dan
penilaian merupakan suatu kebulatan yang tak dapat dipisah-pisahkan. Mengajar
tanpa penilaian adalah pincang.
Selain itu proses
mengajar-belajar dipengaruhi oleh
berbagai factor lainnya,antara lain faktor
guru yang
memegang peranan mengajar yang sangat penting.
Metode mengajar bergantung pada
tujuan dan bahan yang harus disampaikan. Pada umumnya
macam-macam
metode digunakan secara campur-aduk
untuk menyampaikan bahan pelajaran tertentu.
Pada umumnya guru – guru
mengakui kebaikan metode penemuan,metode of discovery, atau
Inquiry
approach,walaupun belum didukung kebaikannya oleh bukti-bukti ilmiah.
Metode
ilmiah atau metode penemuan sendiri masih banyak mengandung hal-hal yang belum
jelas.
Suatu factor yang harus di beri
perhatian dalam Teknologi Pendidikan
adalah perbedaan indi-
vidual.Berbagai
cara dapat dilakukan agar anak dapat belajar sesuai dengan
inteligensi,minat,kecepatan,
dan tujuan
masin-masing.
Benjamin S.Bloom yakni bahwa
tiap anak dapat menguasai bahan pelajaran hingga tingkat ter –
tentu dengan
metode yang serasi dan dalam waktu yang diperlukan oleh
anak (mastery learning ).
Dalam pelajaran yang perlu dicapai
bukan hanya hasil atau produk belajar,akan tetapi juga
proses belajar.Menguasai proses belajar memungkinkan orang belajar
sepanjang umur.
Dalam proses belajar
menurut B.F. Skinner murid dibimbing secara langkah demi
langkah sam-
pai tercapai tujuan. Setiap langkah yang
berhasil,yaitu respons yang tepat atas stimulus tertentu, dibe-
ri
reinforcement atau penguatan.
Analisis tujuan dan urutan
langkah memegang peranan yang penting dalam proses belajar me –
nurut
Skinner,Crowder,dan lain-lain.
Dalam proses belajar menurut
Thomas F.Gilbert proses belajar justru dimulai
dengan langkah
Terakhir.
Gilbertmembedakan
“acquirement”dan “accomplishment “ dan menggunakan prinsip BT=P-ST
Dalam prose
belajar.
Robert M.Gagne mengemukakan
adanya macam-macam jenis belajar yakn(Ci 1).Specific responding.(2). Chaining (
a.Motor chaining:b.Verbal chaining (3)Multiple discrimination (4)Classifying,
(5)Rule
using,(6)Problem solving.
Tiap jenis belajar memerlukan
kondisi belajar tertentu. Urutan langkah-langkah
memegang peranan penting dalam belajar.Namun urutan mana yang tersendiri.sebaiknya merupakan masalah
sudah saya cek tugasnya, dan nilai juga sidah keluar.
BalasHapussudah saya cek tugasnya, dan nilai juga sidah keluar.
BalasHapussudah saya cek tugasnya
BalasHapus