Sabtu, 18 Januari 2020

Kisi Kisi Soal Akidah Akhlak Kalimat Toyibah Kls 4 D Senin 20 Januari 2020

            Materi Pembelajaran
Nama Sekolah.       : SD Al Azhar 1
Mata Pelajaran.      : Akidah Ahlak
Kelas /  Semester.   : IV D / 2
Materi Pokok.         : Kalimat Toyibah Salam
Alokasi Waktu.       : 1 x 4 Jam Pelajaran
Hari / Tanggal.        : Senin  / 20 Januari 2020

KISI- KISI SOAL 
           Kalimat Tayibah Salam
      Setiap anak. Muslim,baik laki laki maupun perempuan hendaknya membiasakan mengucapkan salam kepada siapapun. Salam tidak hanya di ucapkan kepada keluarga dan sanak saudara. Saat bertemu seseorang yang kenal di jalan,hendaknya menyapa dengan salam dan senyum. Ketika teman kalian mengucapkan salam,rasanya suasana menjadi akrap dalam persaudaraan.
A. Meyakini Allah Melalui Salam.
          Ucapan salam dapat di ucapkan dimana,kapan saja,dan kepada siapa saja tanpa pandang bulu,seperti kepada seorang bayi atau usia lanjut,laki-laki ataupun perempuan,anak -anak atau dewasa,berkendara atau jalan dan sebagainya.
B. Arti Salam.
            Ucapanالسلام عليكم ور حمة اله و بر كا ته
 Berarti semoga keselamatan dan kasih sayang Allah serta kebaikan terlimpah kepada kalian.Oleh karena itu,dianjurkan untuk menjawab salam yang lengkap,walaupun teman yang memberikan salam tidak lengkap.

           

C. Pengertiannya Salam
Ucapan salam sudah menjadi budaya ,diantaranya sebagai salam pembuka,mengawali pidato,dan memulai ceramah.Mengapa kita wajib menyebarkan salam ?
Salam merupakan sapaan resmi para malaikat,para nabi atau rosul,dan penghuni surga.
Allah Swt berfirman yang artinya :
Sudahkah sampai kepadamu ( Muhammad ) cerita tamu Ibrahim( Malaikat-malaikat ) yang di mulyakan ? ( Ingatlah ) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan , “Salaman (salam).”Ibrahim menjawab,”Salamun (salam).”orang orang yang belum di kenalnya.( Q.S.A Zariyat/51: 24-25)
Salam sebagai sarana pengikat persaudaraan. Rasulullah saw.bersabda yang artinya :
Kalian tidak akan masuk surge sampai menjadi beriman.Dan tidak beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan sesuatu yang apa bila dikerjakannya,kalian akan saling mencintai ? Sebarkan salam di antara kalian. ( H.R.Muslim nomor 81 dari Abu Hurairoh)
Jelaslah ucapan salam dapat memperkuat jalinan silaturahmi.Ucapan tersebut menumbuhkan rasa cinta di antara umat Islam. Kondisi bangsa Indonesia yang majmuk dan perbedaan suku yang menonjol merupakan kondisi yang tepat untuk penyebar luasan salam.Dengan ucapan salam,kerukunan di antara kalian dapat terjaga.
D. Kapan Mengucapkan Salam ?
Rosulullah Saw,memerintahkan agar kalian senantiasa menyebarkan salam,kapanpun dan dimanapun,terutama ketika bertamu kerumah teman,memulai pertemuan,dan setiap kali ketemu dengan sesamanya.
Mengetahui
Kepala SD Al Azhar 1

( HERMILIATI SP.d )
NIP .195511111978042002

B Lampung,      Januari 2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti

( SRI HANDAYANI.Sag.SP.d)
NIP .197209032002072093

Tidak ada komentar:

Posting Komentar