Sabtu, 09 November 2019

BAHAN AJAR A AKHLAK Akhlak tercela 1 KLS 4 D SENIN 11 NOVEMBER 2019


Materi PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                 :SD AL AZHAR 1
Mata Pelajaran                 :Akidah Ahlak
Kelas/Semester                : IV D  / 1
Materi Pokok                   :  Akhlak tercela 1
Alokasi Waktu                 :  1 x 4 Jam Pelajaran
 Hari / Tanggal                 : Senin /  11 Nopember 2019
 Pertemuan                        : 16

BAHAN AJAR
                Allah telah membagi rezeki kepada hambanya sesuai dengan kebutuhannya masing-masing .Apabila kamu mendapatkan rezeki berlebih,alangkah baiknya tidak sombong dan kikir dan jika kamu belum mendapatkan rezeki yang cukup ,hendaklah tidak merendahkan diri dihadapan yang lain.
                Mengkufuri nikmat Allah Swt akan mendapatkan penyesalan bagi orang yang melakukannya. Sebaliknya,kita harus selalu bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan oleh Allah Swt kepada kita.
A. Pengertian Kufur Nikmat
                Menurut bahasa, kufur berarti menutupi atau mengingkari. Nikmat adalah pemberian. Kufur nikmat adalah mengingkari pemberian Allah Swt.dengan cara menyalah gunakannya,melalaikannya,atau memakainya untuk jalan yang di benci oleh Allah Swt.Kenikmatan Allah itu dapat berupa kekayaan atau harta benda,kekuasaan,kepandaian atau kepintaran,ketampanan atau kecantikan,dll.Semua nikmat nikmat itu akan di minta pertanggung jawaban diakhirat kelak. Seperti dalam surat attakasur ayat 7.
B. Kisah Tsa’labah
                Pada zaman Nabi Muhammad saw…ada seorang sahabat yang hidupnya sangat miskin. Beliau sangat menyayanginya. Ia termasuk orang yang rajin beribadah.Ia tidak pernah ketinggalan sholat berjamaah di masjid. Sahabat itu bernama Tsa’labah.
Suatu hari ia menghadab ke nabi Muhammad ia berkeluh kesah tentang keadaannya yang serba kekurangan.Ia mohon didoakan oleh nabi Muhammad agar Allah memberi-
Kan kekayaan yang banyak.Jika nanti hartaku banyak aku bisa memberikan setiap orang haknya. Beliau menolak permintaannya dan menasehati Tsa’klabah agar hidup sederhana.Karena Tsa’labah selalu mendesaknya ,ahirnya didoaakan  oleh  nabi    Muhammad dan Tsa’labah menjadi kaya ,binatang ternaknya semakin banyak, Tsa’labah mulai jarang mengerjakan sholat berjamaah. Dia sibuk mengurusi binatang ternaknya.Bahkan ia sudah tidak menghadiri sholat jumi’at.
Nabi Muhammad saw menugaskan 2 orang untuk menarik Zakat  Tsa’labah ,ia menolaknya  . Dan utusan nya melaporkan keadaan Tsa’labah , beliau berkata ,” Celakalah  Tsa’labah ¡” Nabi Muhammad saw marah kepada Tsa’labah.s
Ebagai mana dalam q.s ataubah ayat 75-78.
                Ketika Tsa’labah ayat tersebut untuk mengecam dirinya,ia mulai ketakutan .Segera Tsa’labah menemui nabi Muhammad saw sambil menyerahkan zakatnya. Beliau menolak sambil berkata “ Allah melarang aku menerinanya.”Mendengarperkataan  beliau Tsa’labah  menangis tersedu sedu.


               
               

                                                                                                                                                                                                                                                                       


Mengetahui
Kepala SD Al Azhar 1


(HERMILIATI SP.d )
NIP195511111978042002

B ampung,Nopember2019
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti


( SRI HANDAYANI.SPd )
NIP 197209032002072093



Tidak ada komentar:

Posting Komentar